Selompret Hidoep

Thursday, November 18, 2004

cantiamo



cantiamo!
bahasa Italia yang kira kira merupakan ajakan untuk menyanyi. bagi saya, cantiamo adalah nama kelompok koor yang kurang lebih 1 tahun belakangan ini saya ikut gabung. sebagian besar anggota koor ini adalah alumni dari unika atma jaya, yang dulunya juga anggota paduan suara mahasiswa "gita swara jaya". tapi kita tidak menutup kemungkinan bagi anggota yang punya teman yang berminat ikutan gabung, untuk nyanyi bareng di cantiamo. berkat kebaikan hati salah satu anggota, awalnya kita latihan di rumah salah satu anggota, astrid rusli di daerah mampang. karena suatu saat itu astrid pergi ke luar negeri, kita memutuskan untuk pindah tempat latihan di gereja st.ignatius loyola di jalan malang. sampai sekarang latihan diadakan di gereja jalan malang, tiap hari Minggu jam 14:00-16:00
akrab ? akrab !!
sebagai orang yang maniak ikut paduan suara, koor ini adalah salah satu tempat saya untuk aktualisasi diri :) hehehe..nilai plus dari paduan suara ini adalah karena kita dulu satu sama lain pernah cukup lama ikut psm gita swara jaya - atma jaya. yang namanya nangis...dari yang nangis bahagia sampai nangis sebel, sudah dirasakan bersama. panik persiapan konser, bingung cari dana, deg-deg kan takut perform gak maksimal dll sudah dirasain bareng-bareng. pokoknya, sebut saja semua perasaan yang pernah dialami oleh umat manusia di dunia ini, saya dan teman-teman sudah pernah merasakan dalam satu komunitas koor. kebersamaan yang dulu pernah ada..sepertinya dilanjutkan dalam koor cantiamo ini, yang mudah-mudahan bisa jadi modal untuk kompak satu sama lain.
activities
selain latihan, aktivitas koor ini adalah nyanyi di misa pernikahan :) se jabotabek..hehehehe..gara-gara aktivitas yang satu ini, saya sudah pernah keliling-keliling (tukang siomay kalee...!) gereja-gereja (terutama gereja katolik) di jakarta sampe bogor (waktu pernikahan salah satu sahabat saya, Tania & Toro di gereja katedral bogor).kita juga punya komitmen untuk pelayanan di gereja-gereja Tuhan, lintas interdenominasi. selama ini, kita rutin melayani di gereja st.ignatius loyola jalan malang, dua bulan sekali di misa hari minggu pk.17:30. selama ini, pelayanan misa paling jauh di Katedral Bandung dan di gereja kristen methodist di belakang stasiun ka.bandung (agustus 2004). duh..kalau cerita jalan-jalan di bandung..asik bangeet..! semoga bisa saya ceritakan di posting blogger saya selanjutnya. kegiatan kita terakhir di bulan oktober 2004 yang lalu adalah menyanyi di acara music recital salah satu sekolah musik di kelapa gading di aula YBM kelapa gading. saat itu kita menyanyikan satu lagu daerah Batak ('sit sin sibatumanikam') dan satu lagu sacred, 'Thanks be to God'
happy singing, happy eating !!
eiiiitt..siapa bilang cantiamo cuma nyanyi doang..? sebenernya..kalau saya anggap cantiamo ini sebagai sebuah 'produk', tagline yang cucok buat 'produk ini adalah : CANTIAMO, happy singing ! happy eating ! hehehehehe bingung kan? itu produk restoran atau karaokeh..? *gak usah dipikirin* nggak laen karena rata-rata (tapi kayaknya semua,deh!) anggota cantiamo doyan nyanyi dan makan ! cuma, untuk mengakomodasi dua hobi yang tak mungkin dipisahkan ini (hahaha..!!) adaaaa...aja kegiatan yang bisa bikin nyanyi dan makan bisa jalan bareng. di akhir tahun 2003 yang lalu, kita sempet ngumpul di accorr hotel & apt slipi untuk makan-makan bareng, a la potluck. sebelum makan-makan, kita nyanyi koor silent night, cross kado, games, ngisi amplop curhat..de el el..begitu juga acara kita di bandung, yang nggak lupa mampir makan batagor, makan di warung nyonya rumah, juga makan di the valley...!!! (ngantrinyaaa...ngaudzubillah..!untung dapet O2 gratis :)). gak jarang, abis nyanyi wedding, kita ambil 'tiket terusan' untuk makan-makan. wedding oktober 2004 yang lalu, di gereja *...lupa...* di kawasan roxi-harmoni, diakhiri dengan makan bersama di mangga besar. sebenernya sih ngincer kwetiaw akang yang enaknya alamak itu..!! tapi, apa daya karena masih bulan puasa, restonya tutup. karena semangat kelaparan yang sangat besar, kita akhirnya memilih makan kwetiaw kuah di sebelah kwetiaw akang...ternyata rasanya alamaakk..nggak kalah sama kwetiaw akang..! bedanya kwetiaw ini pakai kuah, dengan daging yang empuk dan gurih..dan.....*..cutted..!! out of topics..!!....post it in the new posting theme :) * akhir tahun 2004 ini kita berencana potluck bareng di aston hotel jakpus. mudah mudahan..makin seru dan makin banyak makanan ..:)
singing and knowing God
sebagian besar,semua lagu yang kita pelajari termasuk lagu sacred music (lagu yang berhubungan dengan Tuhan, christianity). dan memang aktivitas nyanyi kita tak jauh dari kegiatan-kegiatan pelayanan gereja (wedding mass or weekly mass). otomatis koor ini harus punya stok lagu yang banyak berkaitan dengan aktivitas dan arah kegiatan tersebut. ada keuntungan sendiri bagi saya pribadi dengan menyanyikan lagu-lagu sakral. saya semakin dibawa untuk mengenal Tuhan dengan menyanyikan lagu-lagu sakral tersebut. iman pengarang lagu (atau penulis lirik) yang dituangkan dalam lirik lagu dan komposisi melodi, membuat saya berefleksi akan sejauh mana saya berdiri sekian jauh (atau dekat?) jaraknya dengan Tuhan. semoga di posting message saya yang lain, saya bisa membagi pengalaman saya berefleksi dengan lagu-lagu yang saya nyanyikan.
refrain:
"...for as long as i have music
as long as there's a song for me to sing
i can find my way, i can see a brighter day
the music in my life, will set my spirit free.."

0 Comments:

Post a Comment

<< Home